Decision (IF)

< Pengertian Sorting C/C++

          LadangKode.com

  

Sorting

Sorting adalah suatu proses pngurutan data yang sebelumnya disusun secara acak atau tidak teratur menjadi urut dan teratur menurut suatu aturan tertentu. Biasanya pengurutan terbagi menjadi 2 yaitu ascending (pengurutan dari karakter /angka kecil ke karakter / angka besar ke karakter /atau angka kecil.
ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan proses pengurutan dari paling atas ke paling bawah atau sebaliknya.
Untuk melakukan proses pengurutan dapat menggunakan beberapa metode antara lain:

1. Bubble sort
Bubble sort adalah suatu metode pengurutan yang membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen berikutnya. Perbandingan alamatnya dapat dimulai dari data yang paling awal atau yang paling akhir. Apabila elemen yang sekarang(sebelumnya)lebih besar dari elemen berikutnya, maka posisi ditukar, kalau tidak posisinya tetap atau tidak perlu ditukar.

2. Selection sort
Selection sort adalah suatu metode penguratan yang membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen berikutnya sampai elemen terakhir. Jika ditemukan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang maka di catat posisinya dan langsung ditukar.

3. Quick sort
Quick sort adalah suatu metode pengurutan yang membandingkan suatu elemen (pivot) dengan elemen yang lain dan menyusunkan sedemikian rupa hingga elemen yang lain lebih kecil dari pada pivot terletak disebelah kiri pivot sedangkan elemen yang lebih besaar dari pivot diletakan disebelah kanan pivot.

4. Merge sort Merge sort adalah suatu metode pengurutan yang membandingkan elemen satu dengan elemen yang lain, apabila nilainya lebih kecil maka datanya ditampung di elemen yang lain lagi
untuk lanjut ke tutorial selanjutnya klik dibawah ini:
Part 17: Decision (IF)