Kata Kunci Biasa Digunakan Belajar Bahasa Pemrograman C/C++ Untuk Pemula

1. auto
mendefinisikan sebuah variabel lokal sebagai yang memiliki lifetime lokal.

2. break
membuat kontrol keluar dari pernyataan majemuk. penyataan break membuat alur yang sedang dijalankan keluar dari pernyataan iterasi seperti while, do atau switch.

3. case
merupakan bagian dari pernyataan percabngn switch dimana keyword case adalah sebagai pernyataan pilihan yang selanjutnya akan dijalankan jika ekspresi switch memenuhi suatu konstanta case.

4. char
merupakan type data mendasar dalam C/C++ yang menampung data berjenis karakter atau teks. dapat juga dijadikan sebagai penanda type data nilai kembalian suatu fungsi.

5. const
mendeklarasikan/membuat nilai dari variabel atau pointer menjadi tidak bisa diubah (konstanta). Berbeda dengan deklarasi variabel biasa, deklarasi konstanta harus langsung disertai dengan assigment nilai dari variabel konstanta tersebut.

6. continue
adalah pernyataan yang membuat alur melewati lingkup itersi seperti while, do, for saat itu dan melanjutkan ke nilai iterasi selanjutnya.

7. default
merupakan bagian dari penggunaan keyword switch, penjelasannya adalah pada lingkup pernyataan switch, alur akan mencari nilai dari berbagai konstanta case yang disajikan sesuai dengan ekspresi yang mengikuti keyword switch, jika tidak ada dari berbagai pernyataan case yang disajikan maka pernyataan

8. do
merupakan bagian dari pernyataan iterasi while...do yang fungsinya adalah mengulang berbagai pernyataan dengan kriteria pengulangan. jika kriteria terpenuhi maka pengulangan dilanjutkan, tetapi jika tidak maka pengulangan akan dihentikan.

9. double
adalah salah satu type data floating number dalam bahasa C/C++. Bedanya dengan type data float, double mempunyai titik presisi ganda.

10. else
adalah bagian dari pernyataan kondisional if. alur dibawah keyword else akan dijalankan jika ekspresi yang menyertai keyword if bernilai false.

11. enum
membuat type data enumerasi berjenis data integer yang mempunyai banyak nilai konstanta yang telah didefinisikan.

12. extern
menunjukan bahwa sebuah identifier didefinisikan di tempat lain. dalam pemrograman modular, extern sangat bermanfaat jika kita ingin mengidentifikasi suatu variabel global

13. float
sama seperti double, namun hanya mempunyai titik presisi tunggal.

14. for
adalah salah satu pernyataan iterasi selain while...do;.

15. goto
merupakan pernyataan untuk memerintah alur yang sedang berjalan agar berpindah ke baris lain sesuai label.

16. if
merupakan pernyataan kondidional, keyword if digunakan untuk eksekusi kondisional.

17. int
adalah type data standar berjenis bilangan bulat. Jangkauan tipe data int adalah -32,767 sampai 32,767.

18. long
merupakan tipe data turunan dari int yang mempunyai jangkauan yang lebih panjang yaitu -2,147,483,647 sampai 2,147,483,647.

20. return
adalah pernyataan yang berfungsi untuk memberikan kembalian suatu fungsi lalu alur akan keluar dari fungsi tersebut.

21. short
short merupakan tipe data untuk modifier dan dipakai dalam variabel bertipe small integer.

22. signed
merupakan tipe data modifier yang membuat suatu tipe data mempunyai jangkauan dari nilai minus batas atasnya hingga nilai plus dari batas atasnya.

23. sizeof
sizeof merupakan kata kunci diaman dia juga merupakan compile-time operator yang mengembalikan panjang dari variabel atau tipe precede.

24. static
mempertahankan nilai variabel untuk bertahan hidup setelah ruang lingkup berakhir.

25. struct
mengelompokakan variabel dalam record tunggal.

26. switch
merupakan pernyataan percabangan, menyebabkan kontrol melakukan percabangan terhadap daftar pernyataan yang disediakan dalam blok pernyataan.

27. typedef
mendefinisikansi/membuat tipe data baru.

28. union
mengelompokan variabel yang berbagi ruang penyimpanan yang sama. sebuah serikat mirip dengan sebuah struct, kecuali union memungkinkan kita untuk menentukan variabel yang berbagi ruang penyimpanan.

29. unsigned
merupakan tipe modifier yang dapat di terapkan ke tipe data standar.

30. void
adalah tipe data kosong. jika kita gunakan dalam deklarasi fungsi maka artinya fungsi tersebut tidak mempunyai nilai kembalian

31. volatile
menunjukan bahwa variabel dapat diubah oleh rutinitas latar belakang

32. while
adalah pernyataan iterasi/pengulangan dimana suatu alur akan diulang ketika kondisi yang menyertai while bernilai true.

No comments for "Kata Kunci Biasa Digunakan Belajar Bahasa Pemrograman C/C++ Untuk Pemula"