Structure

Pengertian Strukture C++

          LadangKode.com

  

Structure

Structure adalah sekumpulan variabel yang masing-masing tipe datanya berbeda, dan dikelompokan kedalam satu nama. (Menurut pascal structure juga dikenal sebagai record). structure membantu data-data yang rumit, khususnya dalam program yang besar, karena structure membiarkan sekelompok variabel diperlakukan sebagai satu unit.
structure ini sering digunakan mendefinisikan suatu record data yang disimpan di dalam file.
Perhatikan definisi berikut:
Structure mhs
{
Char *nama
Char *nim
Int ut, uas
Flot akhir
Char mutu
}
Structure dan fungsi
Operasi yan sering di terapkan pada structure adalah proses menyalin atau menunjukan structure sebagai unit, menggunakan alamatnya dan mengakses anggotanya. Copy dan assignment mencakup memberi argument ke fungsi dan menghasilkan nilai dari fungsinya juga.
Structure bisa diletakan di awal oleh daftar value konstanta dan otomatis juga bisa ditempatkan diawal oleh operasi assignment. Sebuah structure otomatis mungkin juga diletakan didepan oleh tugas atau oleh panggilan fungsi yang menghasilkan structure jenis yang tepat. Untuk menghubungkan nama structure dan nama anggota digunakan symbol","
Array dalam structure Array disini fungsinya sangat penting untuk menyimpan nama dan bilangan bulat yang akan digunakan dalam proses perhitungan.
Supaya lebih memahami tentang pendefinisian dan penggunaan array dalam structure.
Pointer dalam structure
Misalkan sebuah pointer yaitu ptpelajar, yang menunjukan kepada sebuah data yang mempunyai structure Pelajar. seperti berikut:
Structure PELAJAR *ptpelajar;
Seperti pada pointer yang lain, deklarasi di atas tidak menyediakan sembarang tempat untuk record PELAJAR. Perlu dibuat record baru yang fungsinya menggunakan pointer. Misalkan pelajar_baru.
ptpelajar = *pelajar_baru;
Dengan kondisi tersebut, pointer ptpelajar digunakan untuk mengganti tempat alamat pelajar baru, dan pointer ptpelajar ini ditunjukan dengan menggunakan symbol >seperti berikut ini:
ptpelajar >nama = Khoirul Amin;
ptpelajar >Kelas = 12345;
ptpelajar >fakultas = EKONOMI;•String
untuk lebih lanjut ke tutorial selanjutnya silahkan klik di bawah ini:
Part 14: Pointer