Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman dan kelebihan kekurangan C/C++ Untuk Pemula

Pada tahun 1979, Bjarne Stroustrup, seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Denmark, mulai mengerjakan "C with Classes", pendahulu C ++. 

Motivasi untuk membuat bahasa baru berawal dari pengalaman Stroustrup dalam pemrograman untuk tesis PhD-nya. 

Stroustrup menemukan bahwa Simula memiliki fitur yang sangat membantu untuk pengembangan perangkat lunak besar, tetapi bahasanya terlalu lambat untuk penggunaan praktis, sementara BCPL cepat tetapi levelnya terlalu rendah untuk dapat digunakan untuk pengembangan perangkat lunak besar.

Ketika Stroustrup mulai bekerja di AT&T Bell Labs, dia mengalami masalah dalam menganalisis kernel UNIX sehubungan dengan komputasi terdistribusi. Mengingat gelar Ph.D. pengalaman, Stroustrup berangkat untuk meningkatkan bahasa C dengan fitur seperti Simula. 

Kelebibihan C ++

1. Portabilitas

C ++ menawarkan fitur portabilitas atau kemandirian platform yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang sama pada sistem operasi atau antarmuka yang berbeda dengan mudah.

2. Berorientasi objek

Pada salah satu keuntungan terbesar dari C ++ adalah memiliki fitur pemrograman berorientasi objek yang mencakup konsep seperti kelas, abstraksi data, dan enkapsulasi yang memungkinkan penggunaan kembali kode dan membuat program menjadi lebih andal.

Fitur ini melahirkan berbagai prospek kerja dan teknologi. Sangat menarik untuk dicatat bahwa C ++ dibuat dengan menggabungkan fitur tidak hanya dari C tetapi juga Simula 67, bahasa pemrograman berorientasi objek pertama.

3. Multi-paradigma

C ++ adalah bahasa pemrograman multi-paradigma. Istilah "Paradigma" mengacu pada gaya pemrograman. Ini mencakup logika, struktur, dan prosedur program. 

Kekurangan C ++

1. Penggunaan Pointer

Cara kerja pada Pointer di dalam C / C ++ adalah konsep yang relatif sulit untuk dipahami dan menghabiskan banyak memori. Penyalahgunaan pointer seperti pointer liar dapat menyebabkan sistem crash atau berperilaku tidak wajar.

2. Masalah Keamanan

Meskipun pada pemrograman berorientasi objek memiliki banyak keamanan untuk data yang ditangani dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang tidak berorientasi objek, seperti C, masalah keamanan tertentu masih ada karena ketersediaan fungsi teman, variabel global dan, pointer.

3. Tidak ada pengumpulan Sampah

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, C ++ memberi pengguna kendali penuh dalam mengelola memori komputer menggunakan DMA. C ++ tidak memiliki fitur pengumpul sampah untuk secara otomatis memfilter data yang tidak perlu.

No comments for "Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman dan kelebihan kekurangan C/C++ Untuk Pemula"